Hallo pembaca setia Otrust!!!
Kali ini saya akan memberikan tutorial SharedPreference. Nah, apa sih manfaat membuat aplikasi android dengan menggunakan SharedPreference? Banyak sekali manfaatnya, salah satunya kita bisa menyimpan data sementara dalam bentuk key-value, value tersebut yang kita simpan harus dalam bentuk primitive seperti integer, double, string, Boolean. Nah, materi lebih lengkap bisa teman-teman baca disini.
Selanjutnya kita akan memulai project baru, pertama-tama siapkan cemilan dan kopi dulu. :-D
Pertama-tama bukalah file string.xml lalu modifikasilah seperti berikut ini:
<resources>
<string name="app_name">AppSharedPref</string>
<string name="name_text">Name</string>
<string name="phone_text">Phone</string>
<string name="email_text">Email</string>
<string name="save_text">Save</string>
</resources>
|
Nah, mengapa saya memodifikasi data pada string.xml? Karena disini saya akan mengajarkan bagaimana cara ngoding yang baik yang biasa disebut sebagai soft coding. Kalau belum paham soft coding silahkan Tanya di comment yang telah disediakan. Wkwkwk… :-D
Pada string.xml inilah kita mendeklarasikan sebuah item-item atau data yang kita masukkan pada source code layout-nya. Dan tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi penjelasan lebih detailnya.
Selanjutnya, kita siapkan dulu tampilan antar muka atau biasa kita sebut dengan layout. Nah, silahkan siapkan tiga EditText, satu Button dan satu TextView. Buatlah tampilan seperti dibawah ini:
Lalu, mas Otrust? Saya sudah drag and drop tetapi kok banyak warningnya yah? Source codenya aja deh gimana?
TENANG MY MAN…. Pengen tau source code-nya yah? Ini dia saya cantumkan juga. Silahkan di copas (Copy Paste). Eitz, pastinya dipahami juga dunk. Sebelumnya, perhatikan pada source EditText seperti dibawah ini:
<EditText
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:id="@+id/et_name"
android:layout_marginTop="67dp"
android:hint="@string/name_text"
/>
|
Perhatikan pada source android:hint=”@string/name_text”. Nah, didalam tanda petik (“ ”) terdapat @string/name_text inputan itulah yang telah kita ambil dari file strings.xml yang sebelumnya kita buat tadi. Strings.xml tersebut terletak pada res/values/strings.xml.
Bagaimana? Sudah paham apa belum? Kalau belum Tanya aja sama eyang Google atau silahkan hubungi ke email saya….. lol :-D.
Setelah masalah interface sudah selesai kita sekarang memberi perintah logikanya pada file .java. Nah, pastinya teman-teman sudah semakin semangat nih. Haha…
Pada kali ini kita mendeklarasikan dulu fungsi yang telah kita sediakan pada file layout tadi ke dalam file java seperti ini:
private EditText textName, textPhone, textEmail;
private TextView textOut;
private Button saveBtn;
public static final String MyPREFERENCES = "MyPrefs" ;
public static final String Name = "nameKey";
public static final String Phone = "phoneKey";
public static final String Email = "emailKey";
SharedPreferences sharedPreferences;
|
Dari source code diatas tadi saya mendeklarasikan pula fungsi String Name, Phone dan lain-lain dan selain itu saya juga memanggil fungsi SharedPreferences. Dari source code tersebut kita akan memasukkan data yang akan kita simpan dan data tersebut diambil kedalam SharedPreferences yang nantinya data inputan tadi tersimpan sementara pada fungsi SharedPreferences.
String show = "";
String strName = textName.getText().toString();
String strPhone = textPhone.getText().toString();
String strEmail = textEmail.getText().toString();
SharedPreferences.Editor editor = sharedPreferences.edit();
editor.putString(Name, strName);
editor.putString(Phone, strPhone);
editor.putString(Email, strEmail);
show = "Your Data : \n";
show += strName + "\n" + strPhone + "\n" + strEmail;
Toast.makeText(MainActivity.this, "Successfully Saved", Toast.LENGTH_LONG).show();
textOut.setText(show);
|
Taraaaa….
Telah selesai tutorial yang telah saya buat. Dan lihat hasilnya, seperti screen shot dibawah ini:
Untuk aplikasinya silahkan download di github.com saya disini.
0 comments:
Posting Komentar